Minggu, 28 Februari 2021


Kumpul Keluarga di Kebun Apel

Keluar dari gua jungle of knowledge yang gelap dimana hanya cahaya dan suara memandu jalan. Kini sampailah di kebun Apel yang sedang ranum buahnya, merah merona.
Tentu ulat masih perlu banyak makan, makin doyan dong ketemu buah apel ranum nan segar. 

Makanan utama pekan ini masih merujuk menu di https://www.blogspedia.my.id/2018/01/cara-mudah-membuat-blog-di-blogspot.html. Menyelesaikan tahapan yang belum dikerjakan, yakni mengubah favicon dan header sesuai custom. Favicon dan header sudah dibuat sesuai selera dengan canva. Ukuran dan bentuknya pun harus mengikuti aturan. Favicon harus berbentuk square dan ukuran kurang dari 100 kb. Mengikuti tutorial favicon custom saya pasang namun tidak juga berhasil terpasang, Sepertinya selalu tidak sukses 'saved'. Berulang kali dicoba. Hingga keesokan harinya aku 'lihat blog' lebih seksama, ternyata favicon H sudah terpasang, namun kurang jeli saja melihatnya, yeyy😄
Next coba pasang header. Merujuk pada tutorial, namun tidak menemukan menu seperti halnya yang di web tutorial. Next time saya coba explore lagi settingan di dashboard, yess I found it! ternyata di kolom Tajuk, untuk menyetel headernya. So, kita harus lebih mengenali dashboard di screen kita sendiri, tidak semua setelan pada informasi di web tutorial itu sama persis dengan punya kita walaupun platformnya sama. 

Progress lain pekan ini, saya menantang diri memposting 1 artikel setiap harinya, melatih otot jari dan menambah jam terbang. Kini sudah ada 6 artikel baru yang saya create langsung dari laman editor blogspot, Lebih mudah dan nyaman editnya dari pada saya create di Gdoc lantas copy paste ke post editor. Karena butuh clear format dulu, menyeragamkan jenis font, ukuran dan besarnya spasi. 

Bertemu dan Berkumpul dengan Keluarga Baru

Pekan ini ulat-ulat mulai berkelompok dengan yang "sealiran", yang searah tujuan belajarnya, harapannya bisa saling melengkapi dan berbagi 'makanan' yang didapat. Maka menu makanan yang tersajikan jadi makin kaya, bergizi dan bervariasi. Ulat-ulat makin pintar, kenyang dan bahagia. Walau searah tujuan dalam Keluarga Literasi, para ulat memiliki berbagai tujuan belajar, ada yang beririsan dan ada yang tidak. Nah, ini menjadi tantangan kami di Keluarga Literasi membuat topik belajar bersama yang bisa dinikmati semua anggota keluarga.

Keluarga Literasi terdiri atas 20 ulat unyu, bisa dibuat beberapa topik besar  berdasar  mindmap tujuan belajar masing-masing:
1. Meningkatkan keterampilan menulis, sampai goalnya mempunyai karya buku solo, e-book, menjadi penulis bersertifikasi, karyanya dimuat di media massa, jurnal ilmiah, editor handal, punya blog sendiri. Yakni saudara Lina, Isya, Rizka, Ari Fatimah, Asmaul Husna, Meti, Dian, Ari Nurul, Binti Hidayah, Ari Kusuma, Amelia, Ulul dan saya sendiri, Hesti.
2. Read Aloud skills: Saudara Tika, Ninik, Mita
3. Lain-lain : Saudara Diah, Ulul, Nadya

Literasi bahasa bisa dikelompokkan jadi 2: Sastra dan non sastra
Non Sastra:
- jenis non sastra apa saja
- bagaimana sistematika menulisnya
- bagaimana urutan ketika mau menulisnya
- bagaimana menggali ide dan menuangkannya
Sastra:
- jenis-jenis karya sastra (maksudnya fiksi ya)
- bagaimana mengambil ide
- bagaimana menuangkan ide

Tiga ide besarnya yang akan dibahas di sesi sharing keluarga Literasi via Go life
🌟Menangkap ide menulis
-critical thinking
-creative thinking
-menentukan sudut pandang
-tujuan penulisan

🌟Menuangkan ide sampai jadi tulisan:
-teknis menulis memikat (pemilihan kata, merangkai kalimat,
-teknis blog
-teknis cerita anak
-analisa yang digunakan
-self editing
-riset

🌟Memasarkan/menceritakan hasil karya tulisan:

-publish books
-publish e- book
-publish journal
-read aloud

Sudah ada 2 saudara yang bersedia berbagi ilmu yang telah didapatkan yakni saudara Isya dan Dian. Dua saudara ini kami nilai lebih banyak 'tau dan pengalaman' nya dari kami sekeluarga. Kak Isya berbagi ilmu literasi non-sastra, sedang kak Dian berbagi ilmu seputar literasi sastra/ fiksi. Nantikan Go live ilmu literasi ala keluarga kami yaa😉 

#institutibuprofesional

#hutankupucekatan

#tahapulat

#pertemuankeluargaliterasi

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu celotehnya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Hestithinks . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates