Senin, 29 Maret 2021

 Jurnal Ulat Pekan 7


Sekian mil berjalan, tak terasa sampailah di tepi danau. Danau yang tenang, tak seberapa besar, namun dikelilingi nyiur hijau disana. Lapang dan damai memandangnya. Saatnya menghela nafas, beristirahat, mengurai penat. Mari gelar alas, duduk santai, keluarkan botol minuman dan makanan yang dibawa dan didapat selama perjalanan. Yaa...bongkar tas ransel, kawan! Makin penuh dan berat rasanya, coba periksa ulang apa saja di dalamnya. 
Makanan utama, camilan dan hadiah! Makanan utama tersimpan paling bawah, susah terjamah, makanya lama tak dibuka. Beberapa waktu kebelakang ini, banyak menikmati camilan dan hadiah sih, hihihi...Mari kita lihat apa saja isi dalam ransel melalui gambar dibawah ini:



Beberapa pekan terakhir aku hanya menikmati makanan/potluck dari saudara satu keluarga atau pemberian teman. Karena memang ada sajian makanan utama yang kubutuhkan, maka coba kucerna satu persatu dulu, walau mungkin tidak cocok dengan selera, mungkin juga sehat dan bermanfaat kan! 
Berikut deretan sajian makanan utama yang kudapatkan: 

About blog:
Cara Membuat Blog di Blogspot dengan mudah terbaru https://youtu.be/K80LtjkO4QA
Perbandingan Lengkap Platform Blogger vs Wordpress.org vs Wordpress.com
Tentang mengisi blog, motivasi nge-blog https://khoirunnikmah.com/
https://ibuibudoyannulis.com/alfakurnia/tips-sukses-untuk-bloger-pemula-ala-anggraeni-septi/

Camilan:
Menulis non-fiksi : bermacam jenis, cara penyusunan, tentang sertifikasi penulis
Menulis fiksi        : menulis cerita buku anak, cara penyusunan cerita fiksi
Critical thinking    : fase riset dalam penyusunan cerita

Hadiah:
Weekly journal
Jurnal Ramadhan
Ragam hadiah untuk anak usia 4-5 tahun berbasis fitrah pengisi Ramadhan 

See..banyak juga kan! 
Kenyang, iya! namun makanan utama yang tersedia diatas sudah pernah kukunyah sebelumnya, dari hasil belanja mandiri. Tentang membuat blog dari awal, perbandingan beberapa platform blog, tipsnya. So, kini tidak semua makanan utama diatas kulahap, incip-incip diawal saja. Beberapa insight lain ada yang bisa dipetik, seperti writing for healing, ini memotivasi aku banget, untuk terus menulis menuju kesempurnaan. Bukan menunggu sempurna, baru jalan.
Camilan bisa diambil sarinya untuk bisa menulis nice articles sebagai konten/isi blog-ku, cara penyusunan, create ide kreatif, menggali suatu judul dll.
Hadiah-hadiah tentu sebagai penyemarak dan pelengkap kegiatanku sehari-hari, menjalani peran sebagai diri dan ibu.

Camilan mendominasi isi ranselku. Yah...karena saudara sekeluargaku hanya 2 orang yang mempunyai goal beririsan dengan goalku. Sangat beragam  goal saudara-saudara dalam keluarga literasi, jadi yang diangkat menjadi bahasan bersama di Go Live yaa bahasan yang cukup umum, tentang literasi fiksi dan non fiksi. But its okay...I am happy with that! Seru juga belajar hal lain...yang berbau literasi. About blog, memang kudu lebih banyak praktek mandiri dan explore tools di platform yang sudah dipilih. Icip-icip cemilan bergizi seperti ini buatku lupa untuk cari makanan utama sendiri, hihihi...karena penuh nutrisi, bervariasi dan buatku happy!

Belajar hal lain buatku berbinar juga, tapi jadi alpa dengan goalnya. Banyakan belok-belok tak menapaki jalan utama menuju tujuan. Kemajuan jadi tidak banyak. Semua dikunyah walau sebagian saja, digigitan pertama dan kedua. Tapi sah-sah saja kok menikmati perjalanan, makanan dan camilan yang tersedia, serta mengumpulkan hadiah. Tanpa bergegas, jika lurus terus menuju tujuan, bisa hambar dan bosan, kawan!

Manajemen belajar perlu dilakukan untuk peningkatan progress menuju goal. Alokasikan waktu untuk mencari lagi makanan utama dan mengunyahnya pelan, cerna sempurna walau satu gigitan demi gigitan. Praktek terus, teratur dan terjadwal. tantangan one day one post belum bisa kupatahkan. Semangat!!!! Beberapa makanan utama ku add di mindmap yang sebelum perjalanan sudah kubuat, seperti berikut ini:






Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu celotehnya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Hestithinks . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates