Senin, 22 Maret 2021

 Jurnal Ulat Unyu Pekan 6


'Kirim bingkisan cantik untuk teman baru yang melekat dihati'

Sesungguhnya cukup membuat mikir...

Apa yang bisa kuberi sesuai yang doi cari...

Tentang siapa yang akan kuberi, tak pelik. Sekian banyak teman baru yang chit chat di camping ground kemarin, ada beberapa yang berkesan indah. Berawal dari salam perkenalan yang hangat, prolog yang oke dan santuy. Masuk ke obrolan seru, tanya ini itu, tapi gak hanya dari list pertanyaan yang baku. Hingga merembet ke cerita dan bahasan lain yang hangat. Senang sekali saling cerita hidup di dunia nyata dan dunia penjelajahannya. Saling follow media sosialnya dan bertukar nomor telepon selular. Chit chat terus berlanjut setelah beberapa hari berlalu, membahas informasi yang ketinggalan dan yang bikin penasaran. 


Mbak Arri Hanifah

Awalnya akulah yang mengajak berkenalan. Tertarik mengenalnya lebih dekat lagi sejak membaca mindmap yang ada di album Peta Pikiran Para Penjelajah Hutan Kupu Cekatan. Saya terkesan dengan filosofinya yang tertulis didalamnya 'Urip iku Urup'. Hidup akan lebih hidup bila mampu menghidupkan sesama. Laksana lentera memberi penerangan sekitar namun dirinya tidak meleleh seperti lilin, melainkan memancarkan pesona kebaikannya. 

Sepenggal cerita perjalanannya hampir sama denganku. Baru saja hijrah, baru 7 bulan. Aku baru pindah dari Bogor ke Malang, sedang mbak Arri hijrah dari Sulawesi ke Bogor, menggantikan posisiku! 'Takdir yang menarik' said mbak Arri:) Beliau saat ini belajar bersama 2 keluarga, Keluarga Bisnis dan Entrepreneurship, juga keluarga pemasaran digital dan media sosial. Mengasah kemampuan copywriting, membesarkan bisnisnya. Mbak Arri memang pandai menulis, terlihat dari sosial media dan blog-nya. Senang membaca karyanya, jadi ingin belajar juga padanya yang udah jago nge-blog. Kepoin sosial medianya, liat latihan copywrite-nya. Ijin kontinyu stalking-in ya mbak Arri :) Potluck utama yang kukirimkan untuk beliau berupa referensi kursus online copywriting dari luar dan dalam negeri, yang hampir semuanya free, berikut link potluck nya:  https://drive.google.com/file/d/1igZnpieBKEvu8nIQ0LkRL7TDrLCvZ84V/view?usp=sharing. Untuk beliau yang sibuk kubingkis juga sebuah 'weekly journal' cantik, semoga membantu catetin daily task:)


Mbak Ayuk Wulandani

Terpikat dengan fotonya yang ayu sesuai namanya. Penasaran, maka mendekatlah aku padanya. Orangnya ramah juga ternyata. Chit chat, ngobrol ngalur ngidul. Ku simak shownya di Go live, wow...beliau sudah berbisnis sejak belia. Demi menambah ilmu pengetahuan dibidang yang sedang digeluti, beliau belajar bareng keluarga Pemasaran Digital. Bahagia disana karena banyak teman yang notabene pelaku bisnis juga sudi berbagi pengalaman berbisnisnya. Disela kesibukannya membesarkan bisnis, mbak Ayuk adalah ibu dari 2 balita, yang sedang aktif-aktifnya. Butuh manajemen waktu dan tenaga agar perannya bisa dijalani dengan bahagia. Jadi, kukirim sebuah 'weekly journal' juga untuk membantu mencatat daily task :) dan juga potluck utama berupa referensi kursus online copywriting dari luar dan dalam negeri, yang hampir semuanya free. https://drive.google.com/file/d/1UyEPbWvmVOZwwoDDqqkems8IM0Hdfoni/view?usp=sharing


Mbak Desty 

Kami satu regu namun berbeda keluarga. Menurutnya doi tergugah menyapaku tuk berkenalan karena namanya yang beti, beda tipis, Desty-Hesti, hihihi...Awal kenalan rameee...bahas domisili masing-masing. Antara kota Malang dengan Sidoarjo (domisili beliau) memang tidak begitu jauh, hanya 2-3 jam perjalanan. Kami juga pernah sama-sama tau dan sering berkunjung ke kedua kota tersebut, sebelum negara api menyerang (kata beliau, hahahah). Jadilah, kami ngobrol tentang alun-alun, cuaca, makanan dan lain sebagainya, seru pokoknya!:)

Doi memang rame orangnya. Tak heran, mungkin mempraktekkan ilmu yang didapat dari keluarga Komunikasi, keluarganya:) Menurutnya, bahagia belajar disana karena potluck yang tersedia beragam dan mengenyangkan. Ada komunikasi produktif dengan pasanga, dengan anak, public speaking, hipnotic communication, dan lain-lain. Bingung nih mau beri potluck apa untuk si doi. Komunikasi berkaitan dengan bahasa, perasaan dan siasatnya. Untuk memperkaya referensi, maka ku kirimkan potluck berupa e-book koleksi pribadi "La Tahzan".

https://drive.google.com/file/d/1aLTxK0IjHZJEj_0ZmhaTdsgM1witA_44/view?usp=sharing. Duhh...mohon maaf belum bisa maksimal yaa mbak!


Malu rasanya bila belum bisa memberikan yang lebih baik, apalagi ketiganya mengirimi potluck yang lezat dan bergizi, dibingkis dengan cantik lagi. Ditambah lagi kiriman dari teman-teman lain yang tak kalah cantik penuh gizi, antara lain:


Bida Rahma, ehhh ini mah aku yang nodong minta potluck yang sesuai skillnya, hahaha....minta selembar weekly journal. Senang hati Bida memberi salah satu karyanya dan diijinkan bila di-share lagi ke yang lain. Baik sekali Bida...semoga menjadi pemberat amal jariyahmu, thank you! jurnal ini perlu untuk catetin daily task dan achievement, biasanya ku tempel di pintu lemari yang mudah terlihat olehku. Sebelumnya sudah punya sendiri, namun tentunya tak secantik buatan Bida Rahma. 


Ira Trinyoto, saat ini berdomisili di tanah rantau jiran, sedang belajar bersama keluarga foto dan videografi. Walau fokus belajarku di ranah literasi, namun foto dan videografi cukup menarik bagiku, mungkin karena sering liat anak lanang  yang lagi demen belajar keduanya. Mbak Ira bercerita tentang keseruannya belajar bareng dalam keluarganya, para anggota keluarga bergantian berbagi pengalamannya 'bermain' dengan bermacam platform, yang mengusik untuk kepoin satu-satu. Dan yang paling daging yang nikmat menurut doi, keluarganya mengundang Peri Design Hutan Kupu Cekatan berbagi design basic video editing. Video cara bermain di panduan Hutan Kupu Cekatan emang keren deh! akupun suka liat, menyimak dan mendengarnya. Penasaran juga cara buatnya? Mbak Ira ini sudi berbagi ringkasan sesi kulzoom keluarganya dengan Peri Design, lho...thanks mbak!


Khoirun Nikmah, influencer yang kerap kuikuti aksi dan karyanya. Surpraise banget mendapat kiriman potluck dari beliau. Sebagai balasan atas kesediaanku mengisi kuisionernya waktu di Camping Ground. Mbak Nikmah membagi tulisan-tulisan di blognya yang relate dengan fokus belajarku, yakni tentang blogging. Beberapa tulisannya tentang blogging, antara lain: writing for healing, target blogging, blog walking, book review dan blog arsip opini. Kesemuanya ini mampu menambah pengetahuan dan motivasiku akan blog. Thanks mbak...semoga aku mampu menjadi blogger dan writer produktif sepertimu!







Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu celotehnya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Hestithinks . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates