Senin, 26 April 2021

 Jurnal Tahap Kepompong #day20

#melatihkonsistensi

Hari keduapuluh

Kembali kepoin judul yang sebenarnya udah lama penasaran. Sering dengar tapi belum paham maksudnya, dikira-kira saja. Yup, tentang SEO, udah pernah dengar juga kan yaa...kepanjangannya udah tau juga lah yaa...Pengertian singkatnya adalah bagaimana caranya agar web/blog kita ada di urutan teratas/halaman pertama hasil pencarian google. Biar apa? yaa biar banyak orang yang mampir dan baca konten blog kita, alias trafficnya padat, rame gaess. 

Pada https://www.blogspedia.my.id/2020/06/pengertian-jenis-dan-cara-belajar-SEO.html momblogger Marita membagikan ilmu dan pengalamannya belajar di kelas SEO yang dimentori oleh mas Irwin dan mas PeWe. Membaca isi artikel ini sih nyaman terasa ringan, walau sebenarnya berat yang dibahas, dan ilmuku belum sampai disana, hahaha...but its okay kenal dan belajar di permukaan dulu. 

Kata duo coach jago tersebut SEO merupakan cara untuk mendapatkan traffic jangka panjang, namun butuh waktu yang tidak sebentar. Tuh kan, makin berat saja nih bahasannya😅, ada dua jenis: SEO on page dan SEO off page. 

Kenapa sih kita harus belajar SEO ?
  1. Standar Agency Semakin Meningkat
  2. Bermanfaat Juga Butuh Traffic
  3. Biar Google Sayang pada Blog Kita
Perlu juga mengenal Google lebih dekat, terutama algoritma Google. Algoritma google itu banyak, dan selalu berubah, PR kita adalah menebaknya. Namun, ada 3 poin yang banyak dijadikan acuan para blogger dan content writer, disingkat EAT, diantaranya:
1. Ekspertise
Saat ini Google lebih menyukai artikel yang dibuat oleh penulis yang memang benar-benar ahli di bidangnya. Contoh, pada bidang kesehatan ada situs seperti Halodoc, Alodokter, Sehatq, dan masih banyak lagi. Artinya apa? Google lebih suka web yang mempunyai niche.
2. Authoritativeness
ternyata nih Google sangat kepo soal informasi siap sih pemilik blog A, B, C hingga Z. Nggak usah jauh-jauh deh, misalnya kita suka sebuah buku, wuih jalan ceritanya bagus, bikin nggak bisa berhenti baca. Pasti kita pengen tahu lebih lanjut dong tentang penulisnya? karena itu penting bingit bikin halaman About/ About Me/ About Us. Isi dengan fakta apa adanya kita, beserta prestasi dan pengalaman kita terkait niche yang kita pilih untuk blog apa saja. 
3. Trustworthiness
Blog kita harus memiliki indicator kepercayaan, salah satunya dengan menerapkan SSL (HTTPS). Nggak mau kan kalau ada visitor yang mampir ke blog kita, terus tiba-tiba muncul tulisannya “Situs Tidak Terpercaya. Silakan kembali ke halaman sebelumnya”?

3 Cara Membuat Blog Disayang Google

1. Perhatikan Konten
Mau algoritma Google update berapa kali sehari, kualitas konten itu tetap nomor satu. Remember always that content is a king. Konten yang berkualitas pasti akan disayang Google. Isi konten blog kita harus mengandung informasi yang dibutuhkan pengunjung. Jangan lupa pula untuk menambahkan gambar atau video sebagai pemain pendukung terbaik dari sebuah artikel yang kita tulis.

2. Pilihlah judul yang tepat
Jangan buat judul yang aneh-aneh, buat judul yang langsung pada inti konten. 

3. Cari Tahu Apa Maunya Google
Kalo pengen blog kita disayang Google, ya kita mau nggak mau harus tahu apa yang diinginkannya. Salah satu caranya yaitu dengan rajin-rajin nengok fitur terbaru dari Google; Question Hub. Apa pula itu, nah ini jadi PR lagi, hihihi

Badge Tantangan 30 Hari Tahap Kepompong #day20
Need Improvement!



#institutibuprofesional

#hutankupucekatan

#tahapkepompong

#latihilmunya30hari



Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu celotehnya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Hestithinks . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates