Rabu, 05 Mei 2021

 Jurnal Tahap Kepompong #day29

#melatihkonsistensi 

Hari keduapuluhsembilan

Pagi ini kembali ke situs junjungan saya dalam belajar blogging yakni https://www.blogspedia.my.id/. Bertekad melahap semua ilmu didalamnya selama 30 hari di tahap kepompong ini. Garis finish didepan mata, besok hari, sedangkan semua artikel tutorial belum tuntas dikunyah. Jadi mikir, milah, judul mana yang perlu disimak dulu. Pilihan jatuh kepada Tips Memilih Komunitas Blogger for Newbies. Pertimbangannya karena judul tutorial teknis tools sudah habis dan penasaran. Penasaran seberapa pentingnya gabung di komunitas blogger untuk newbie cem eike, hehehe...

MomBlogger Cupu pernah menuliskan bahwa salah satu langkah terpenting buat blogger pemula adalah bergabung dengan komunitas blogger. Ya, tentu saja karena berjamaah itu lebih asyik daripada sendirian. Alasannya, antara lain:

1. Menguatkan Motivasi
Percaya atau tidak, sekuat apapun motivasi yang kita miliki, ada kalanya motivasi tersebut mengendur. Nah, agar motivasi tersebut tetap strong hingga akhir, kita perlu bergabung dengan orang-orang yang sekufu.

2. Menambah Pengetahuan dan Wawasan Soal Blogging
Mungkin kita bisa saja sih belajar blogging secara autodidak, googling dan praktek-praktek sendiri. Jadi enggak ada tempat bertanya. Dengan bergabung dengan komunitas blogger, kita jadi tahu tren blogging terbaru seperti apa, teknik-teknik SEO terbaru seperti apa, lalu jika ada pembaruan algoritma Google kita juga bisa tahu. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Memperluas Networking
Dengan lebih mengenal blog-blognya para senior, kita jadi bisa belajar konsistensi mereka dan bagaimana mereka membuat konten yang menarik.

4. Membantu Branding Diri
Pastinya semakin luas networking kita, akan semakin luas pula pertemanan kita di dunia blogging dan hal-hal terkait. Semakin kita punya banyak kenalan di dunia blogging dan agency, hal tersebut membantu diri untuk branding. Orang jadi tahu kalau kita punya blogger, url blognya di mana, blog kita pun jadi bertambah traffic-nya.

5. Mendapat Info dan Update di Dunia Blogging
Agar tidak ketinggalan kalau ada form atau informasi terkait job-job blogging terbaru, biasanya job-job tersebut banyak dibagikan di komunitas blogger.

So, bagaimana cara memilih komunitas blogger yang tepat?? Berikut tips dari https://www.blogspedia.my.id/2020/11/tips-memilih-komunitas-blogger.html 

1. Cek Validkah Komunitas Tersebut
  • Postingan di grup FB tersebut kapan terakhir di update, dan apakah isi postingannya aman. Karena banyak beberapa komunitas yang dibuat untuk pencurian konten atau malah buat nutup jalan rezeki orang lewat adsense. So, please be aware.
  • Apakah situs official komunitasnya masih bisa diakses?
  • Adakah WAGnya?
2. Intip Foundernya
Biasanya foundernya ini mencerminkan isi dari komunitas tersebut. Nggak harus senior juga sih, at least kredibilitasnya di dunia blogging sudah cukup diakui dan banyak dikenal sesama blogger.

3. Kenali Value yang Ada Pada Komunitas Tersebut
Penting banget nih. Dengan beragamnya komunitas blogger, mungkin ada komunitas-komunitas yang valuenya nggak sesuai dengan apa yang kita yakini. Jadi bisa tuh dipilah-pilih yang paling cocok sama keyakinan atau paling klik di hati.


Komunitas-komunitas Blogger Wajib Diikuti
1. Gandjel Rel
2. Blogger Perempuan
3. BRT
4. ISB
5. IIDN
6. 1M1C
7. SBO


Badge Tantangan 30 Hari Tahap Kepompong #day29
Very Good!




#institutibuprofesional

#hutankupucekatan

#tahapkepompong

#latihilmunya30hari

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu celotehnya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Hestithinks . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates