Minggu, 20 Juni 2021

 Mentorship Pekan 2

Pekan ini diawali dengan assesment mandiri, untuk menentapkan goal yang ingin dicapai dari program mentorship di tahap kupu-kupu, selama 6 pekan kedepan. 
Tidak ada yang berbeda dari goal awal di peta pikiran yang sudah dibuat ditahap ulat-ulat, tahap ini lebih spesifik lagi, karena belajar blog itu cukup luas, saya tetapkan satu topik saja. Yakin bahwa satu topik ini yang belum dikuasai, topik dasar yang masih perlu dipelajari dan sangat sesuai belajar teknis langsung dari mentor.
Goal : Mempercantik Blog yang Gue Banget

Topik ini sudah saya eksplorasi saat tahap kepompong, pada tantangan 30 hari. Secara otodidak, merujuk ke blog tutorial www.blogspedia.my.id. Namun hasilnya masih kurang memuaskan. Adapun kendala yang ditemui antara lain:

  1. Belum menemukan template blogspot free yang cocok
  2. Belum berhasil mendownload template blogspot free yang diminati, selalu terkoneksi ke situs lain
  3. Cara menerapkan setelan pada blog pribadi saat sudah menemukan template blogspot free yang diminati
  4. Masih banyak hal teknis yang belum dipahami dan dikuasai 

Membaca blog pribadi mentor kesayanganku https://www.nurrahmahwidyawati.com/ sangat nyaman, buat betah membaca isinya. Tampilannya indah, keren dan doi banget, tidak polos dari bawaan template blogspot. Maka saya penasaran cara/teknik pemasangan template tersebut. 

Diawali dari chatting Whatsapp (WA) mengutarakan goal yang ingin saya capai, tahapan yang sudah kukerjakan, dengan mengirimkan link-link jurnal yang berjudul eksplorasi tersebut. Sehingga mentor tau apa yang sudah pernah kukerjakan, kupelajari, dan hambatannya. Akhrinya, menjurus ke pertanyaan teknis: 

  1. Apakah template yang dipakai adalah template berbayar/free
  2. Apakah sudah dimodifikasi ala sendiri
  3. Cara menerapkan template tersebut pada setelan blog
  4. Cara download template blogspot free
  5. Rekomendasi situs/web lain penyedia template blogspot free
Tak diduga ternyata blog keren milik mbak Widya adalah template blogspot free, kemudian beliau modifikasi sendiri gambar profil sesuai keahliannya sebagai digital ilustrator. Berikut beberapa pengetahuan yang saya serap dari mentor:
  1. Keyword searching template gratis: template blogspot SEO friendly free
  2. Cara melihat situs resource template yang dipakai: scroll terus kebawah 'home' blog, mostly ada tulisan powered by
  3.  Cara menerapkan template baru ke settingan blog kita : setelah berhasil download template yang kita inginkan, copy kode html-nya kemudian paste ke settingan html blog kita, tentunya sesudah menghapus kode html yang ada di setelan 'theme' kita. Nah, ini yang selama ini belum kuketahui.
Cara Menerapkan Kode Html Template Blogspot Free
Cara Menerapkan Kode Html Template Blogspot Free



Result

Hasil surfing google. ditemukanlah template yang cocok di Niagahoster.co.id yakni Flora-Hand Crafted Blogger Template. Proses download lancar tidak ada kendala dan sukses! Bentuk downloadnya berupa WinRAR, sebenarnya disalah satu filenya berupa petunjuk cara pemasangan in English, tapi saya kurang paham, lebih mudah diarahkan oleh mentor, hehehe. Di file satunya berupa kode html untuk memasang template tersebut di blogspot. Nah, kode inilah yang perlu dicopy dan paste ke setelan blogspot kita. Done! For the first time sukses ganti template blogspot free diluar template standard yang available di blogspot.com.

Tampilan Blog Setelah Diterapkan Template Flora-Hand Crafted
Tampilan Blog Setelah Diterapkan Template Flora-Hand Crafted



So, tampilannya cukup oke, saya suka dan cocok, hanya saja, foto profil saya jadi keliatan kurang proporsional, ada font dalam postingan yang kacau, berbeda dari lainnya. Setelah saya coba sesuaikan setelan lanjutan namun tidak bisa, tidak available. Menurut mentor, memang begitu kekurangan template yang free, tidak banyak yang bisa kita utak atik lagi, trus untuk mencari yang cocok tampilan, font dan lain-lain, memang perlu coba-coba, bisa lebih dari 10x judul template. Yah namanya juga gretongan, hahaha

Next day, kucoba download template lain di gooyaabitemplates.com, kutemukan lagi satu yang cocok, yakni Kinsley Template.  Sukses download dan pasang di blog. Namun yang kedua ini lebih kacau, profil harus disetting lagi, setting tersendiri, tidak ikut berubah. Alamakkk...

Tampilan Blog Setelah Diterapkan Template Kinsley
Tampilan Blog Setelah Diterapkan Template Kinsley



Kedua template baru yang coba kuterapkan itu merubah semua settingan awal, terutama pages yang tertulis diatas tajuk, jadi kacau dan berisi link ke situs template resources. Ini jadi PR tantangan kedepan! 

I feel This Week (Week 2)

Mentoring intensif 2 hari ini padat berisi, sungguh efektif, dan nyata progressnya seperti paparan diatas. Bahagia bisa bertatap muka lewat Video Call lewat messenger dengan mentor kesayangan mbak Widya, karena seru, bisa pasang filter lucu-lucu. Obrolan yang efektif dan berisi, memberi insight, ilmu dan progress nyata, walau tak sampai 15 menit pada hari Rabu, tanggal 16 Juni 2021 jam 08.15 pagi. Thank you mentorkuđź’“

Mentoring via Video Call, Mentor Widya (bawah) dan Mentee Hesti (atas)


#institutibuprofesional
#hutankupucekatan
#tahapkupukupu
#mentorshippekan2

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu celotehnya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Hestithinks . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates