Minggu, 27 Juni 2021

 Jurnal Kupu-Kupu, Tahap Mentorship Pekan 3

Gambaran Rencana Menguatkan Sayap Kupu-Kupu Muda



Peri Hutan bersabda, 
Tujuan tanpa rencana tidak akan menjadi nyata. Hanya sekedar harapan tanpa menjadi kenyataan

Maka, diperlukan suatu action plan, rinci dan realistis!

Tujuan telah ditetapkan pekan lalu, yakni: Mampu Membuat Blog yang Cantik dan Menarik.

Jadi aku harus banyak belajar hal-hal teknis dalam setelan blog, tentang setelan tema (cara cari tema yang oke, eksekusi), mengatur lay out, edit HTML, adjust tema baru ke setelan blog, menambah karakter yang cantik,  cara membuat karakter yang bisa dipasang di blog, cara pasang picture dalam setelan dan badan post blog yang sesuai, dan lain-lain.

Eksplorasi dan latihan kontinyu agar terbiasa dan tidak lupa caranya, bila perlu dicatat tutorialnya. Hambatan atau tanda tanya yang belum terpecahkan didiskusikan dengan mentor kesayangan. Selama periode mentorship ini (5 pekan mendatang) ditargetkan mampu menguasai hal-hal teknis tersebut. 

Action Plan Kupu-Kupu Muda

Tidak muluk-muluk. tidak banyak yang ingin ku kuasai pada tahap beginning nge-blog ini. Paham benar bahwa diri ini masih perlu banyak belajar hal teknis sebelum ke aspek lain dari blog yang lebih dalam dan menantang. So pasti aku harus kuasai dashboard setelan blog, partisi dan fungsinya, adjust tema dan layout blog, adjust badan blog juga agar SEO.

I've made plan what must first thing first, there are : 

Hal-Hal Teknis Blog yang Akan Dikuasai 

Goal yang ingin dicapai dari awal tahap telur-telur hingga tahap kupu-kupu ini masih segaris, dan bisa dibilang konsisten. Malah lebih dipersempit lagi, karena cukup banyak tantangan yang kutemui selama penjelajahan hutan kupu cekatan ini. Lebih fokus bila goal-goal tersebut dipetakan sesuai target waktu yang ditetapkan:


Goal Jangka Pendek

Mempunyai blog yang cantik dan menarik. Hal-hal teknis setelan blog perlu dikuasai, jadi saat ganti tema atau adjust layout karena ada tambahan dll sudah paham cara dan penyesuaiannya.

Goal Jangka Menengah

Setelah blog cantik menarik, tentu kudu diisi konten postingan yang menggigit, artinya good quality. Caranya dengan latihan otot menulis. Menantang diri konsisten membuat konten artikel yang baik, menarik berbobot dan berfaedah. 

Goal Jangka Panjang

Blog udah cantik menarik, isinya pun banyak dan berkualitas, tentu ingin lebih lebih banyak pembaca yang mampir, sehingga traffic tinggi. Berada di page page terdepan pada SEO juga menjadi impian. Beberapa skill dan strategi harus dikuasai seiring berjalannya waktu. 


Goal Tahap Mentorship


Mentor kesayangan merespon baik tentang action plan ini, it seem realistic for me. Beliau juga akan membantuku memahami seluk beluk dashboard di setelan blog. Pekan ini beliau memberi tau resep pembuatan karakter di blog dan medsosnya, dengan itu beliau mengerjakan project-projectnya sebagai digital illustrator. Ada 1 aplikasi yang familiar kupakai, satu lagi benar-benar tak ku kenali. So far, sudah kenal dengan dashboard baru di setelan blog dengan menyimak tutorial di www.blogspedia.my.id, namun ada beberapa yang perlu kutanyakan pada mentor untuk mencari kejelasan. 


#institutibuprofesional
#hutankupucekatan
#tahapkupukupu
#mentorshippekan3


Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu celotehnya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Hestithinks . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates