Minggu, 18 Juli 2021

 Jurnal Pekan Keenam Tahap Kupu-Kupu


Gambaran Kemajuan Tiap Harinya
Gambaran Kemajuan Tiap Harinya



Pekan ini fokus mengamati langkah demi langkah maju dalam perjalanan penjelajahan di Hutan Kupu Cekatan. Tidak lagi menengok kebelakang seperti halnya di 2 minggu sebelumnya. Lebih dirinci lagi action plan day by day untuk lebih mudah monitoring. Merekam jejak action dengan pencatatan dan serunya lagi mengilustrasikan pencapaian per harinya dengan sesuatu yang representatif menurut kita sendiri. Seru dan bikin keki! hihihi...

Dampaknya memang jadi lebih mudah terlihat progress pribadi, daripada yang tak tercatat. Jadi terukur dan terpikir kurang lebihnya dimana, walau mungkin lebih banyak kurangnya daripada lebihnya, yang mungkin belum ada sama sekali, huhuhu....Diskusikan Kemajuan juga sudah dilakukan di pekan sebelumnya. 

Kemajuan lebih berbeda, lebih bertambah saat aktif berdiskusi dengan mentor daripada mandiri membaca blog tutorial. Terlebih bila ada poin yang belum kupahami (karena keterbatasan nalar saya alias lemot, hehehe). Mentorku ringan hati berbagi tips dan informasi, yang bisa kutangkap dengan mudah karena to the point dan praktis.

Beberapa poin jadi paham cukup dalam karena cukup lama dieksplorasi, yaitu berkaitan dengan setelan template. Bahwa template free yang terakhir kuterapkan, terbatas sekali untuk bisa diadjust, bahkan hal ini sudah dicoba langsung oleh mentorku😀Poin action untuk mengganti header dengan gambar header yang custom ala gue, banyak tantangan, sampai sampai gagal sukses, hehehe.. Sempat terpikir untuk ganti template lain, yang lebih bisa diadjust, namun sudah terlanjur naksir yang satu ini. Melihat template serupa di blog lain yang begitu cantik, bulat urung kuganti. Masih bisa poin-poin lain utuk diulik dan diadjust, walaupun cuma sedikit. Sesi mengulik template ini mengisi beberapa pekan perjalanan karena seru dan tricky mencarinya dan kemudian dipasang. Namun cukup membawa bahagia dan sumringah saat ketemu yang klik!



Poin-Poin Progress Pekan Keenam
Poin-Poin Progress Pekan Keenam




Poin lain yang jadi action dalam pekan ini berkaitan dengan postingan. Berikut ringkasan hasil eksplorasi di blog tutorial dan aktif berdiskusi dengan mentor:
  • Keyword (KW) harus menyebar di badan post, dimulai dari judul, sebaiknya mengandung KW.
  • Postingan artikel minimal 800 karakter, bisa dihitung dengan aplikasi wordcount di google.
  • Postingan mengandung internal dan eksternal link, dan atau backlink agar artikel kita trusted di mata google, bukan spam.
  • Internal link: postingan dalam blog sendiri. Eksternal link/ backlink: postingan blog lain
  • Syaratnya saat kita ngasih 1 eksternal link dalam postingan blog, wajib ada 3 internal link di dalamnya.
  • Bila memungkinkan terkandung dalam kalimat artikel postingan, bila tidak nyambung dengan artikel postingan bisa dicantumkan dalam kolom quotes 'baca juga:....(judul link)"
  • Bila ingin membuat artikel yang sesuai trending topik bisa cek di Google Trending, maksimal 20 jam artikel harus tayang bila ingin ikut arus trending topik.
  • Pasang google console agar artikel postingan kita terindeks dan crawling di mesin pencari google. Bila tidak kita indeks mandiri, artikel kita bakal lama masuk dalam halaman pencarian google.
  • Traffic postingan bisa kita lihat di setelan postingan dan dengan pasang Google Analytic (GA). GA lebih valid karena klik kita sendiri tidak dihitung dan valid mencatat kunjungan organik yang mampir di postingan blog kita
  • Terhitung dalam rekam traffic bila klik dan stay buka postingan kita minimal 3 menit, kurang dari itu masuk dalam rekam bounce rate.
  • Adab blog walking (BW) stay minimal 3 menit dan leave comment minimal 7 kata, namun tidak wajib.
Beberapa poin progress diatas kudapatkan dalam eksplorasi dan aktif berdiskusi setiap hari dalam pekan ini. Hingga bisa diilustrasikan dengan beberapa element/gambar yang merepresentasikan suasana diriku per harinya. Dan diakhir pekan bonus mengilustrasikan diri sendiri berdasar refleksi diri dan feedback orang terdekat, yaitu suami dan anak. Ilustrasi untuk mentor pujaan juga tersedia dalam frame khusus. Bagaimana cerita ilustrasi per hari pekan keenam ini bisa disimak di gambar di bawah ini:


Gambaran Suasana Diri Perhari Pekan Keenam
Gambaran Suasana Diri Perhari Pekan Keenam 


Sudah melewati pekan keenam, namun eksplorasi tentang blog yang jadi goal ku dalam penjelajahan Hutan Kupu Cekatan ini belum separuh kedalamannya. Lambat jalannya, lambat berpikirnya, seperti kura-kura bila digambarkan. Kelas belajar yang tak hanya satu, belum lagi amanah tugas lain yang harus ku handle di sela kesibukan rutinitas mengurus rumah tangga, jadinya waktu belum bisa maksimal belajar blog. Namun, slowly but sure, tahap mentorship ini coba menggali banyak tips dan informasi yang belum kutangkap dari proses belajar mandiri. 

Mentorku, sangat kompeten dan berpengalaman di bidang blog ini. Cukup lama nge-blog, berprestasi dan sangat produktif! Mbak Widya tak pelit berbagi informasi dan tips seputar tanda tanya yang belum kupahami. Fast respon dan menstimulus ku untuk mengeksplorasi poin-poin lain yang belum terpikir. Tak jemu memberi energi dan insipirasi, manis seperti coklat favorit😍 Thank you my mentor!

Feedback orang terdekat, suami dan anak bisa dibilang cukup memberi semangat. Beyond imagination katanya! melampui gambarannya tentangku. Tak menyangka aku mampu buat blog, ngonten dan sedikit bisa template grafis, hihihi....wow good job said them!


#institutibuprofesional
#hutankupucekatan
#tahapkupukupu
#mentorshippekan6

1 comments:

Feel blessed loh ketemu mentee kaya dirimu mbak. Yang semangat dan selalu postive vibes. Di balik semua kekuranganku (dan ilmu cetekku) alhamdulillah bisa diterima. Semoga terus terbang tinggi sama-sama ya. Kita nggak harus sempurna, tapi cukup jadi blogger yang baik untuk pembacanya. Thanks untuk kata-kata manisnya ;)

REPLY

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu celotehnya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Hestithinks . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates