Minggu, 01 Agustus 2021

 Jurnal Pekan 8 Tahap Kupu-Kupu

akhir perjalanan hutan kupu cekatan
akhir perjalanan hutan kupu cekatan



Pekan demi pekan, rute demi rute telah dilampui, kini sampailah di garis finish, akhir penjelajahan hutan kupu cekatan. Tak terasa, bila kita menjalaninya dengan bahagia dan semangat. Banyak cerita dan rasa yang menyeruak selama penjelajahan, telah kutuliskan dalam blog ini dengan label Hutan Kupu Cekatan. Selama 6 bulan lebih, belajar di kelas Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional yang dikemas dalam gamifikasi penjelajahan Hutan Kupu-Kupu Cekatan, belajar selaksa menjelajah hutan ajaib yang dijaga oleh Magika-Sang Penjaga Hutan dan ditemani beberapa Peri Hutan. 

Aliran Rasa Tahap Kupu-Kupu

kupu-kupu muda keluar dari kepompong
kupu-kupu muda keluar dari kepompong



Tahap akhir metamorfosis, yakni proses pematangan kupu-kupu muda menjadi kupu-kupu dewasa yang siap terbang berkelana. Pematangan organ dan percobaan terbang diproses dalam program Mentorship. Ada mentor sebagai pemantik dan mentee yang disulut. 

Tahap mentorship bagiku akselerasi, mempercepat proses belajarku menjadi cekatan, progress peningkatan lebih melesat. So luckly, bertemu dengan mentor yang kompeten, sesuai goal dan murah hati berbagi. Disamping usaha mandiri yang gigih, banyak tantangan dan tanda tanya yang belum terpecahkan di tahap kepompong bisa terjawab. Kemajuan yang patut dirayakan! Menurut Peri Hutan Ika, ibaratnya mentor itu telah membuka jalan tol untuk mentee, maka gunakanlah mobil sport yang prima untuk bisa melesat cepat, namun bila mentee mlempem ibarat mobil tua yang suka ngadat, sia-sialah jalan tol yang tersedia. Sungguh metafora yang keren ibu Peri! Fokus pada kemajuan, menggali banyak poin belajar baru dan atau lama yang masih menjadi PRku. Bersama mentor, kami banyak berdiskusi poin belajar dan kemajuan. Thank you so much mentor!

Kami bermain 2 peran di tahap ini, sebagai mentee dan juga sebagai mentor untuk penjelajah lain. Walau, tau diri bahwa ilmu yang dibagi ini belum mumpuni, namun sedikit 'lebih' ini sudi kubagi ke yang lain. Kami sama-sama belajar mentorship, its okay bila terverifikasi belum ahli! Berbagi sedikit ilmu tentang How to Make Golden Liquid. Cerita tentang bagaimana salah satu mentee terbaik melesat di pintasan yang telah ia tetapkan, membuatku terpukau. Tak jarang ku apresiasi kemajuan mentee. Faktanya, progressnya jauh melampuiku, karena jam terbangnya sudah banyak juga usahanya yang tak kenal lelah dan tak sepi gagasan. Beberapa poin yang kuserap darinya sungguh menyuntikkan semangat, untuk tidak menyerah dan wegah disela himpitan kesibukan. Bahwa hidup yang banyak agenda dan karya itu sungguh hidup yang menggairahkan!

Aliran Rasa Penjelajahan Hutan Kupu Cekatan

metamorfosis kupu-kupu bunda cekatan
metamorfosis kupu-kupu bunda cekatan



Penjelajahan yang sungguh berkesan dan membahagiakan, walau tak semua tahap atau etape perjalanan menyenangkan (bagiku). Banyak trayek yang menantang, berbeda-beda. Kadang lurus lempeng, kadang berliku, menanjak dan berat. Indahnya gerbang akhir goal impian masih terus ingin dicapai. Semangat dan positif vibes teman-teman sesama penjelajah jadi bahan bakar  kobaran nyala perjalanan yang mencerahkan dan menghangatkan. Strong why di tahap awal. tahap telur-telur harus dikuatkan dulu, sebagai dorongan besar laju perjalanan tetap terjaga dan bertenaga. Peta pikiran yang telah dibuat jadi penunjuk arah, sebagai pedoman agar kita tidak salah arah tujuan. Menjaga arah langkah bila banyak simpangan yang membingungkan dan mungkin menggoda. 

Tahap ulat-ulat banyak energi terkuras sekaligus tertimbun karena banyak karya, banyak kiriman potluck, banyak agenda yang berbeda dan banyak 'makan'. Membuatku kekenyangan, namun tidak kesenangan (kurasa). Banjir informasi, bingung menghampiri. Sungguh tahap yang sedikit menambah progress diri. 

Tiba saatnya hibernasi di tahap kepompong. Aku sibuk belajar sendiri dalam sunyi, khusyuk sekali, sangat menikmati. Tiap hari eksplorasi satu judul poin belajar. Konsisten selama 30 hari. Mengalokasikan maksimal 1 jam di awal hari untuk tahap eksplorasi. Poin demi poin terkumpul, tak terasa sudah 30 poin belajar yang sanggup di gali dan dieksplorasi. Disamping, melatih diri puasa pekanan atas kebiasaan yang ingin dikurangi atau dihentikan. Sungguh etape yang menguji konsistensi dan ketahanan diri. Lulus dengan mulus! Etape terakhir digawangi dengan proses mentorship. Terukir memori manis dan progress yang apik. 

Proses metamorfosis diri berjalan alami, apik dan berhasil. Kini, diri ini yang berawal dari telur unyu-unyu telah bermetamorfosis jadi kupu-kupu dewasa yang cantik paripurna. Goal to be a new blogger has come!  Sampai juga di garis finish sesuai dengan peta belajar yang telah ditetapkan. Alhamdulillah! Tanpa kendala yang berarti, mampu menempa diri menambah satu poin cekatan dalam progress produktivitas. 

Dear self, you are awesome!
Menambah 1 poin cekatan itu sama dengan mencetak rekor baru dalam hidupmu.
Aku bangga. Aku bahagia. 


 So, what next? Dalam proses mentamorfosis ini, aku teruskan hal baik yang telah dimulai. Aku hentikan hal yang ditekan pada puasa pekanan. Aku tingkatkan goal yang berhasil dicapai. Semua, pencapaian ini tentu atas rahmat yang Maha Kuasa, dukungan keluarga, mentor, mentee dan teman-teman sesama penjelajah , serta Magika dan peri-peri hutan kupu cekatan yang senantiasa menebar semangat dan positif vibes. Thank you so much, saranghaeyo 💓


#institutibuprofesional
#hutankupucekatan
#tahapkupukupu
#mentorshippekan8
#aliranrasabuncek2

Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu celotehnya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Hestithinks . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates