Sabtu, 11 September 2021


1 Dekade Ibu Profesional: www.ibuprofesional.com
1 Dekade Ibu Profesional: www.ibuprofesional.com


Menuju 1 Dekade Ibu Profesional, hajat akbar akan digelar, yakni Konferensi Ibu Pembaharu. Menandai sepuluh tahun perjalanan komunitas Ibu Profesional, semesta karya untuk Indonesia. Komunitas yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan perempuan. Sejak berdiri tahun 2011 telah konsisten dengan aksi nyata mewujudkan paradigma Ibu sebagai agen perubahan (Changemaker). Pada tahun 2018 Komunitas mengambil tema Changemaker untuk melahirkan para changemakermoms.

Jejak langkah Ibu Profesional, berawal dari tahun 2011 dimana the founding mother Ibu Septi Peni Wulandani membuat format belajar yang diaplikasikan untuk diri sendiri. Format belajar yang tadinya hanya diperuntukkan bagi diri sendiri kemudian menarik minat ibu lain untuk turut belajar. Dimulailah Kelas Ibu Profesional di Salatiga. Ibu Profesional Belajar dan Berkembang. 

Tonggak pencapaian/milestone Ibu Profesional selama 1 Dekade:


Milestone #5
2016-2017
Ibu Profesional Belajar dan Berkembang
CHANGEMAKER MOTHER


Milestone #6
2017-2018
Ibu Profesional Belajar dan Berkembang
CHANGEMAKER FAMILY


Milestone #7
2018-2019
Ibu Profesional Belajar, Berkembang dan Berkarya
SINERGI DALAM KEMANFAATAN

Milestone #8
2018-2019
Ibu Profesional Belajar, Berkembang dan Berkarya
SEMESTA KARYA

Goal 5 tahun #2
2020-2021
Ibu Profesional Belajar, Berkembang dan Berkarya
SEMESTA KARYA UNTUK INDONESIA

Komunitas Ibu Profesional memiliki core value: Belajar, Berkembang, Berbagi, Berkarya dan Berdampak. Konsisten melakukan gerakan yang menularkan semangat pada perempuan Indonesia untuk terus belajar dan menjalankan perannya dengan penuh kesungguhan. Menemukan jati dirinya hingga mampu memberikan kontribusi positif bagi dirinya sendiri, keluarga, lingkungan, bangsa dan dunia. Berkarya, berdaya dari rumah untuk dunia.

Puncak peringatan 1 Dekade Ibu Profesional akan diselenggarakan sebuah konferensi perempuan Indonesia, yang bertajuk Konferensi Ibu Pembaharu. Konferensi tersebut akan diselenggarakan pada 18-22 Desember 2021, bisa diikuti oleh seluruh anggota komunitas Ibu Profesional dan juga untuk umum. Jadi, jangan sampai ketinggalan segala macam informasi menuju Konferensi Ibu Pembaharu di https://www.ibuprofesional.com/.

Konferensi Ibu Profesional 2019
Konferensi Ibu Profesional 2019


Baca juga :

Tujuan Konferensi Ibu Pembaharu


1. Mempertemukan Ibu Pembaharu dari dalam dan luar negeri untuk melakukan refleksi, kolaborasi, berbagi solusi dalam menjalankan perannya sebagai perempuan, ibu dan istri.

2. Sebagai media publikasi untuk meningkatkan jumlah perempuan berpendidikan dan berkualitas yang akan tumbuh dan berkembang, berdasarkan potensi yang dimilikinya sebagai Ibu Pembaharu baik yang bekerja di ranah domestik maupun publik.

3. Mendorong dilaksanakannya pertemuan para Ibu Pembaharu tingkat internasional secara berkala.

4. Menginisiasi terwujudnya Universitas yang fokus pada bidang Pendidikan Ibu dan Keluarga yang pertama di Indonesia.



Isu Utama Konferensi Ibu Pembaharu

Ibu Profesional sejak tahun 2011 telah secara konsisten membangun lingkungan dimana semua perempuan mampu membawa perubahan pada diri, keluarga, dan lingkungannya. Sehingga Ibu Profesional mampu melahirkan ribuan Ibu Pembaharu yang siap berbagi solusi. Menginspirasi perempuan di seluruh dunia untuk turut menjadi Ibu Pembaharu dengan memulai aksi dari rumah.

Untuk menjadi bagian dari solusi dunia. Ibu Profesional juga turut ambil bagian dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkepanjangan, atau biasa dikenal dengan istilah Sustainable Development Goals (SDGs).

Dengan prinsip: Leave No One Behind atau Tidak Meninggalkan Satu Orangpun. Tujuan ini terwujud pula dalam Gerakan Ibu Inklusif yang diinisiasi oleh Ibu Profesional. Dimana ingin mengajak IPers (baca: aipers; sebutan bagi membernya) untuk bisa berdampak dan bermanfaat bagi perempuan Indonesia lainnya dan memastikan bahwa tidak ada perempuan yang luput atau terlewatkan untuk maju dan menjadi berdaya. It takes an ecosystem to raise a change maker. Lingkungan yang baik mendukung satu perempuan memberdayakan perempuan lainnya, menularkan semangat ke lingkungan lebih luas untuk perubahan yang lebih baik. 

Memperbanyak penggunaan teknologi terapan, khususnya teknologi informasi dan komunikasi, untuk mendukung pemberdayaan perempuan.Perempuan berdaya melalui teknologi informasi dan teknologi, serta berperan aktif dalam pendidikan/pengasuhan anak. 








Ibu Pembaharu

Perlu pemahaman siapakah itu Ibu Pembaharu, yang nantinya akan berkumpul dan bersinergi dalam Konferensi Ibu Pembaharu. Ibu Pembaharu adalah sosok ibu yang mampu menemukan masalahnya dan mengubahnya menjadi sebuah tantangan hidup, sehingga bisa menciptakan solusi untuk masalah tersebut. Sejatinya tidak terbatas sesosok ibu, namun pengertiannya juga mengacu pada perempuan. Entah itu sudah menikah atau masih lajang, sudah menjadi ibu atau masih belum punya keturunan.

Jadi, ibu pembaharu tersebut bisa kamu, bisa saya yang seorang ibu rumah tangga, atau dia yang seorang dokter, perawat, guru, pegawai bank, pedagang, dosen, penyanyi, programmer, designer, atau siapa saja yang berusaha memecahkan masalah demi kebaikan semua. Semua bisa menjadi ibu pembaharu bila dia mampu mengubah masalah menjadi tantangan, dan menciptakan solusi yang terbaik bagi dirinya dan lingkungannya. 

Mindset sosok ibu pembaharu terus bertumbuh. Masalah dipandangnya sebagai tantangan, yang hadir membawa hikmah tersirat. Maka dia akan mencintai tantangan itu, bukan merutuki dan menyalahkan keadaan. Alih-alih mencari solusi demi kebaikan semua. 

Apakah kamu ibu pembaharu itu?? 
Yuk bergabung di Konferensi Ibu Pembaharu

#1dekadeIbuProfesional
#darirumahuntukdunia
#konferensiibupembaharu
#ibuprofesional
#semestaberkaryauntukindonesia
#ibuprofesionaluntukindonesia





Terima kasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat, setidaknya membuat readers tersenyum :)
Ditunggu celotehnya di kolom komentar tapi jangan tinggalkan link hidup yaa!

Hestithinks . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates