Terapi Wajah dengan Microneedle

Hai sista,

Kali ini saya kan bercerita tentang pengalaman pertama perawatan wajah dengan terapi Microneedle, plus efek-efek yang muncul after treatment. Hal ini bisa menjadi pertimbangan kalian untuk memutuskan pake treatment tersebut atau yang lain.

Niat Awal Perawatan Wajah

Awalnya saya hanya berniat facial wajah, membersihkan wajah yang sekian tahun tidak dirawat di klinik kecantikan. Alasannya bukan karena malas, tapi saat itu mempunyai baby yang tak mungkin ditinggal dalam waktu lama untuk perawatan wajah. So, selama ini perawatan wajah mandiri saja. Seperti: double cleansing, facial foam, terkadang scrub wajah plus maskeran buah, Face oil dan sun screen juga tak alpa. Tapi, mungkin karena dasarnya kulit kurang bagus, sekitar hampir 4 tahun ini wajah tidak menunjukkan tanda-tanda makin cerah, atau mulus, apalagi glowing, hihihi. Malahan tahi lalat mungil-mungil makin memenuhi wajahku ini. 

Minggu pagi itu, saya memutuskan untuk kembali merawat wajah ke profesional di  Hayyu Syar'i Skin Clinic kota Malang. Pertimbangan jatuh ke klinik tersebut karena khusus muslimah, harapan saya lebih nyaman dan berkah. Benar saja, tempatnya cozy, bersih, semua dokter dan terapis berhijab, dannn...yang buat treatment disitu nyaman adalah backsoundnya islamic bingit. Nasyid dan murotal Al Quran yang merdu menemani menit-menit saya di klinik, jadi auto dzikrullah tak putus. Dan setiap mengawali perjumpaan atau perawatan tak lupa dibimbing untuk berdoa dan baca basmallah. Begitu pun perawatan selesai, ditutup dengan bacaan hamdallah. Tersedia juga mushalla yang bagus. Para dokter dan terapisnya pun profesional. Tentunya semua muslimah dan berhijab. Insyaallah barokah! Lokasi klinik ini juga strategis, di salah satu ruko, di pusat kota Malang. Tak susah sama sekali menuju kesana. Perawatan juga dengan sistem booking, tidak antri so pasti waktu tunggu pendek. Datanglah tepat waktu! 

Kali itu saya booking untuk perawatan dokter atas anjuran customer service. Sampaikan tujuan anda saat bookingcustomer service akan beri advice treatment apa yang tepat. Saat booking time saya sampaikan fakta-fakta skin care yang sudah lama tidak dihandle dokter/terapis. Maka customer service menyarankan untuk konsultasi ke dokter dulu sebelum perawatan. Don't worry, its free! Sekitar 30 menit saya berkonsultasi dengan dokter kecantikan yang available di klinik tersebut. Memeriksa kondisi kulit wajah saya, mendata problem-problemnya dan menyarankan treatment yang tepat atas problem tersebut. Kita bisa leluasa curhat, bertanya dan konsultasi apapun yang berkaitan dengan wajah kita, yang pada akhirnya mampu memilih treatment yang tepat sesuai kondisi kulit wajah. 

Faktanya, wajah saya kusam, banyak bekas luka jerawat (scar/bopeng), warna kulit tidak merata, kasar, banyak tahi lalat kecil-kecil. Sangat tidak bagus bila di zoom, juga terlihat kurang elok dalam normal look. Plus kerutan-kerutan halus mulai muncul, maklum usia udah mendekati empat puluh😆Entah kenapa perawatan mandiri yang dilakukan di rumah kurang begitu signifikan memperbaiki wajah. Emang menawan tuh butuh dana! hahaha

Berdasar fakta-fakta tersebut dokter klinik Hayyu Syar'i Skin Clinic menyarankan terapi microneedle. Karena solutif untuk memperbaiki tekstur wajah dan warna wajah yang kusam dan tidak merata. Ada 3 macam treatment Microneedle di klinik tersebut, antara lain: Bio Stem Cell Therapy, Ultimate Recovery Treatment dan GF Radiance. Harga berkisar dari Rp.590.000 (GF Radiance) hingga Rp.1.600.000 (Ultimate Recovery Treatment). 

Surpraise banget buat diriku yang sudah lama tak masuk klinik skin care! Dalam hati, wow mahal banget yah?! tapi, lebih surpraise lagi kalo aku memutuskan Ultimate Recovery Treatment sesuai anjuran dokter! Iya, yang termahal! Pertimbangannya, wajah ini lama banget tak mendapat perawatan ahli, itung-itung ini pakai dana tabungan sekian tahun libur ke klinik, keluhan wajah cukup banyak, bisa memperbaiki tekstur dan warna wajah sekaligus dalam tempo yang singkat dan signifikan (kata dokter, sih). 

Terapi Wajah dengan Microneedle


Apa Itu Microneedle?

Saat masih di ruang konsultasi, dokter menjelaskan singkat bahwa prinsip kerjanya, wajah itu dilukai dengan microneedle untuk menstimulasi wajah membentuk kolagen-kolagen baru, maka sebelumnya wajah akan dibius lokal untuk mengurangi rasa sakit. kemudian diaplikasikan serum khusus. Setelahnya tidak boleh dibilas selama 8 jam. 'So, bagaimana ntar wudhu nya dok?' tanyaku. Nah, ini kudu jadi pertimbangan kalian ya sist, untuk mau atau tidak melakukan treatment ini. Hanya Ultimate Recovery Treatment kok. Dua perawatan c lainnya tidaklah demikian pantangannya. Saat itu belum ada referensi tentang apa itu microneedle. Namun menurut saja saran dokter karena  Hayyu Syar'i adalah salah satu Skin Clinic terpercaya. Kamu juga harus melakukan terapi ini di skin clinic terpercaya, yah!

Baiklah, saya tuliskan referensi informasi tentang terapi ini dari situs terpercaya www.klikdokter.com. Microneedling adalah tindakan invasif minimal menggunakan beberapa jarum kecil dengan panjang 0,5 - 1,5 mm untuk membuat tusukan mikro atau tusukan kecil di kulit. Tindakan ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan pelepasan faktor pertumbuhan, dan juga dapat digunakan untuk memasukkan obat-obatan.

Prosedur ini bekerja dengan cara merangsang kulit untuk memproduksi kolagen sehingga jaringan kulit baru yang kaya akan kolagen dapat terbentuk. Jaringan kulit yang baru terbentuk akan membuat kulit lebih elastis dan teksturnya akan lebih baik, mengatasi bekas jerawat, kerutanbintik hitam, pori-pori besar, elastisitas kulit menurun, bahkan warna kulit tidak merata.

Baca juga:

 Melejitkan Kecerdasan Emosional Anak

Dari Rumah Untuk Lingkungan 

 

Prosedur Perawatan Terapi Microneedle

Bismillah....saya bertekad bulat memulai Ultimate Recovery Treatment. Menuju ruang perawatan di lantai 2 membuat hati agak deg-degan, maklum udah lama gak perawatan, hahaha...membayangkan seperti apa nantinya, dulu facial biasa dan peeling komedo aja rasanya ada ngilu dan nyerinya seperti disayat. Merasakan tempat perawatan yang cozy plus suasana islami membuat adem dan tenang batin, tak risau lagi. 

Didampingi satu terapis yang ramah, perawatan dimulai dari double cleansing kemudian peeling. Peeling-nya ini kudu yang diamond peel untuk Ultimate Recovery Treatment, dry peeling, paket mihil bingit pokoknya! Setelah wajah bersih, komedo terangkat semua, wajah dimasker. Tak butuh waktu lama, masker dikelupas kemudian dibersihkan kembali. Proses pembiusan dimulai. Wajah dioles semacam gel, rasanya adem sejuk. Dalam beberapa menit wajah terasa kebas dan tebal. Saat itu, saya disarankan untuk ambil wudhu terlebih dahulu untuk shalat dhuhur. Sekitar 30 menit pembiusan Ultimate Recovery Treatment diaplikasikan. Sejenak saya melihat peralatan yang tidak familiar, dan dokter bersiap dengannya. 

Setiap treatment akan dimulai, pasti pasien dibimbing untuk berdoa terlebih dahulu. Hmmm syar'i bingit kan?! Dokter dan terapis pun akan menjelaskan terlebih dahulu treatment apa yang akan diaplikasikan pada wajah kita. Sebelumnya, dokter memastikan dulu apakah kulit wajah sudah sepenuhnya kebas terbius. Kemudian alat microneedle diaplikasikan ke wajah. Terasa sensasi wajah seperti  dipoles dengan mesin penghalus ubin keramik jaman dulu (masih ingat aku tuh, hahaha) Diaplikasikan secara merata ke seluruh permukaan wajah, hingga ke lipatan-lipatan hidung. Sekitar 30 menit treatment selesai. Terakhir, diaplikasikan serum khusus ke permukaan wajah. 

Hayyu Syar'i Skin Clinic


Post Terapi Microneedle

Alhamdulillah, dokter membimbingku untuk berdoa selesai rangkaian  microneedle treatment. Menjelaskan efek (yang mungkin muncul) post treatment beserta cara pemakaian produk klinik tersebut. 

Berikut predictable respons post microneedle treatment: 

  1. Kulit merah dan kusam sekitar 3-5 hari, bisa kurang atau lebih
  2. Kulit kering dan sedikit mengelupas
  3. Tekstur kulit kasar

Berikut poin-poin pantangan post treatment:

  1. Wajah tidak boleh terkena air selama 8 jam pertama
  2. Setelah 8 jam, basuh wajah hanya dengan air mineral sampai 24 jam pertama
  3. Setelah dibasuh pada 8 jam pertama, aplikasikan masker wajah
  4. Tidak boleh memegang wajah kecuali cuci muka atau oles cream
  5. Tidak boleh kena sinar matahari langsung selama masih merah karena dapat menyebabkan kusam dan flek muncul kembali
  6. Tidak boleh memakai make up seperti bedak atau foundation selama kulit merah karena dapat menyebabkan kulit sensitif menjadi bruntusan dan jerawat
  7. Tidak boleh beraktivitas di area kotor dan berdebu
  8. Tidak boleh berenang 
  9. Tidak boleh aktivitas/olahraga dengan keringat berlebih

Iyaa...banyak pantangannya! So, pertimbangkan waktu yang tepat sebelum memutuskan treatment ini. Idealnya pas masa haid akan selesai dan sedang tidak ada acara keluarga/acara penting lainnya dalam waktu dekat, agar tidak melanggar pantangan. 

Respon wajah terlihat merah muncul 24 jam pertama setelah saya perawatan, Penting juga menggunakan cream dan serum yang disertakan sesuai petunjuk. Pihak klinik akan memberi catatan tertulis tentang semua petunjuk post treatment microneedle, jadi kita tidak perlu pusing menghapal sist, hihihi...Kemerahan pada wajah kemudian berangsur-angsur menghilang setelah 2 hari (mungkin berbeda durasi tiap wajah individu). Kurang lebih 1 minggu terlihat perubahan positif pada wajah. Wajah makin kenyal, halus, flek menipis, makin glowing, cerah, bersih. Bahagia banget rasanya, tak perlu lama sudah terlihat perubahannya:) Perbedaannya juga sangat signifikan before dan after treatment. So worthed untuk harga yang harus dibayar!

Kamu tertarik mencoba terapi microneedle? Konsultasikan dulu ke dokter kulit ya, karena sensitivitas kulit benar-benar jadi pertimbangannya😉


Komentar

Postingan Populer